Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat,Pengadilan Militer III-17 Manado

Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat,Pengadilan Militer III-17 Manado

 Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survey Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan. Mengingat jenis layanan publik sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda, maka Survey Kepuasan Masyarakat dapat menggunakan metode dan teknik survey yang sesuai. Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat, dalam hal ini para stakeholder Pengadilan Militer III-17 Manado dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggaraan pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Berdasarkan hal tersebut Pengadilan Militer III-17 Manado telah melaksanakan survey kepuasan masyarakat dalam rangka pelaksaaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilakukan Pengadilan Militer III-17 Manado telah menyebarkan sebanyak 100 eksemplar daftar pertanyaan (kuesioner) yang akan disebar kepada 100 orang responden yang ditargetkan, dengan anggapan bahwa besaran responden tersebut telah cukup representatif mewakili masyarakat.

Dalam rangka usaha meningkatkan mutu pelayanan, diperlukan adanya perubahan-perubahan, terutama restrukturisasi tim strategi pelayanan. Strategi ini diharapkan dapat mendongkrak peningkatan kinerja pegawai yang akhirnya menghasilkan outcome yang memuaskan yang dapat dilihat dari hasil survey.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Pengadilan Militer III-17 Manado berada pada kategori Sangat Baik dengan nilai skor 89,05 hal ini merupakan bentuk apresiasi atau penilaian dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh seluruh Pimpinan, staf dan karyawan di Pengadilan Militer III-17 Manado.

Belajar dari hasil survey ini diharapkan ada perubahan yang lebih signifikan lagi pada tahun-tahun yang akan datang. Perubahan yang ada semoga tidak membuat seluruh pegawai Pengadilan Militer III-17 Manado cepat berpuas diri, tapi dijadikan pemicu untuk lebih meningkatkan lagi kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat.

 

 

Share