PERESMIAN PERADILAN TERPADU SECARA VIRTUAL

PERESMIAN PERADILAN  TERPADU SECARA VIRTUAL

Manado,Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Meresmikan Gedung Pengadilan Terpadu di Manado dan 61 Gedung Pengadilan lainnya di Seluruh Indonesia Secara Virtual di Balairung MA,Selasa,20 Oktober 2020.

Pembangunan Gedung Pengadilan baru ini adalah upaya Mahkamah Agung  dalam Meningkatkan sarana dan prasarana dalam  mewujudkan Pelayanan Prima bagi para pencari Keadilan. Pembangunan ini juga merupakan ejawantah dari keputusan Presiden Republik Indonesia no 13 - 18 Tahun 2016 tentang pembentukan Pengadilan baru di lingkungan Mahkamah Agung

Dr . H.M. Syarifuddin, S.H., M.H selaku Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan peresmian secara Daring ini harapannya agar dapat memberi nilai tambah bagi pengadilan untuk lebih terbiasa dan mampu mengunakan saranaTeknologi informasi termasuk aktifitas kedinasan seperti saat ini dalam kondisi setuasi Pandemi Global saat ini.

lebih lanjut Ketua MA mengatakan untuk menunjang pelayanan hukum yang baik di perlukan adanya 2 komponen penting yaitu sumber daya manusia yang handal serta sarana dan prasrana yang memadai, dua hal tersebut menjadi komponen yang saling berkaitan satu sama lain, Sumber daya Manusia yang handal tidak akan mampu bekerja dengan maksimal tanpa adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai. untuk itu perlu di tegaskan bahwa gedung-gedung Pengadilan yang telah di bangun mengunakan dana APBN ini agar dapat di gunakan  dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada Masyarakat dan Pencari dan Keadilan secara Prima.

Terkait Anggaran, Plt. Sekretaris Mahkamah Agung , Dr .Drs. Aco Nur, S.H., M.H mengatakan Bahwa pembangunan 67 Gedung Pengadilan yang baru tersebut, menyerap anggaran sebesar 933.674.613.430 (sembilan ratus tiga puluh tiga miliar enam ratus tujuh puluh empat juta enam ratus tiga belas ribu empat ratus tiga puluh rupiah )

Dalam peresmian yang berlangsung di Manado , Ketua Pengadilan Tinggi Manado , Arif Supratman, S.H ., M.H juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Mahkamah Agung karena setelah sekian lamanya tertunda karena adanya wabah Covid-19 akhir nya Gedung Pengadilan dapat di resmikan ,kami semua aparatur peradilan telah bertekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih sempurna lagi , ungkap Ketua Pengadilan Tinggi Manado.

hadir dalam acara peresmian secara Virtual hadir di Jakarta ,Ketua Mahkamah Agung RI Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang non Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung , Pejabat eselon-1 di Lingkungan MA ,Para Hakim Agung , Hakim Ad Hok,Menteri Sekretaris Negara  RI ,Menteri Keuangan RI ,Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  , Kepala Bappenas  , Ketua Komisi III -DPR RI.Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  ,sedangkan yang hadir secara fisik di Manado yakni Forkopimda Kota Manado , Ketua Pengadilan Tinggi Manado ,Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado ,Kepala Pengadilan  Militer tinggi III-Surabaya serta Ketua Pengadilan  Tingkat Pertama dan Kepala Pengadilan Militer III-17  Manado.

Share